Sepak Terjang Sir ‘Alex’ Ferguson

Sepak Terjang Sir ‘Alex’ Ferguson : Dulu Pemain Biasa, Sekarang Jadi Pelatih Luar Biasa

Sir Alexander Chapman Ferguson, atau biasa dipanggil dengan nama Alex Ferguson, selain terkenal sebagai mantan pemain profesional sepak bola dengan segudang prestasi, juga terkenal sebagai pelatih dan penyelenggara event pertandingan sepak bola. Totalitasnya di dunia sepak bola telah menorehkan sejarah tersendiri, hingga berhasil menginspirasi masyarakat di berbagai belahan dunia.

Awal Debut Di Dunia Sepak Bola

Sepak Terjang Sir ‘Alex’ Ferguson

Debut Ferguson muda berawal saat ia bergabung dengan sebuah klub lokal bernama Queens Park dan mencetak 20 gol pada satu musim sebelum pindah ke klub amatir lain, St. Johnstone. Saat itu ia masih berusia 16 dan diberikan posisi sebagai penyerang. Siapa yang akan menyangka kalau akhirnya namanya akan menjadi besar seperti saat ini?

Pria yang merupakan putra dari pasangan suami istri, Elizabeth Hardie dan Alexander Beaton Ferguso, seorang buruh galangan kapal ini kemudian mendapatkan kontrak profesionalnya dengan Dunfermline setelah mencetak liveskor melalui hattrick-nya saat melawan klub impiannya, Glasgow Rangers. Di Dunfermline, ia berhasil menyarangkan 31 gol, yang membuat ia dipersunting Glasgow Rangers. Disini ia merasa tak betah karena sering tak diikut-sertakan dalam pertandingan.

Ia kemudian digandeng Nottingham Forest kemudian pindah lagi ke Falkirk karena istrinya tak setuju kepindahannya ke Inggris. Ia menjadi pelatih di klub ini sebelum kemudia pindah ke Ayr United dan pensiun pada 1974. Dari karirnya sebaagi pemain, ia total menorehkan live skor terbanyak dengan membobol gawang lawan sebanyak 170 kali selama 317 kali pertandingan.

Turun di Ribuan Pertandingan

Mantan pemain sepak bola yang lahir pada akhir tahun 1941 di Govan, Glasgow ini telah turun di lebih dari 1000 pertandingan. Pria berkebangsaan Skotlandia ini cocok disandingkan dengan berbagai nama tokoh terkenal yang masuk dalam daftar orang-orang yang menginspirasi dunia. Bagaimana tidak, kalau dari liveskor-nya saja ia sudah melampaui semua pelatih sepak bola yang pernah ada? Belum lagi prestasinya yang lain. Luar biasa bukan?

Meskipun karirnya sebagai pemain bisa kamu bilang tak begitu mencegangkan, namun karirnya sebagai pelatih tak bisa kamu pandang sebelah mata. Fergie telah membawa Aberdeen ke tiga gelar Liga Skotlandia, dan membawa pulang masing-masing sekali Piala Dybrough, Piala Winners Eropa, Piala Liga Skotlandia, dan Piala Super Eropa, juga empat Piala Skotlandia.

Belum puas dengan berbagai gelar dan piala yang ia dapatkan bersama timnya, ia kemudian bergabung sebagai pelatih Britania bersama dengan Bob Paisley dan Brian Clough. Ia menjadi satu-satunya pelatih yang mampu membawa timnya menyabet 13 gelar jawara liga, menjadikannya pelatih tersukses sepanjang sejarah persepak bolaan Inggris.

Ferguson juga menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil membawa timnya memenangkan 5 kali Piala FA, dan 3 kali liga Inggris dengan perolehan live skor yang cukup fantastis. Ia juga membawa tim Inggrisnya meraih Piala FA, Liga Champions UEFA, serta Treble. Ia kemudian resmi pensiun setelah posisinya sebaagi pelatih United digantikan oleh David Moyes pada pertengahan tahun 2013 yang lalu.

Mantul banget kan?

event_note December 18, 2019

account_box Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *