Johan Cruyff dies of cancer at the age of 68

Sepak Terjang Johan Cruyff, Legenda Tidak Pernah Terlupakan di Dunia Pesepakbolaan

Johan Cruyff, bisa dikatakan sebagai salah satu nama legenda bagi dunia sepak bola. Bernama asli Hendrik Johannes Cruyff ini merupakan seorang mantan pemain bola dan pelatih yang berasal dari Belanda. Lahir pada 25 April 1947, Cruyff tutup usia pada 24 Maret 2016 pada umur 68 tahun. Dimana sebelumnya ia terserang penyakit kanker yang akhirnya merenggut nyawanya.

Walaupun sudah tiada, Cruyff masih menjadi nama yang selalu diingat oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Sepak terjang Cruyff tercatat oleh Liveskor yang begitu panjang dan memiliki banyak sekali prestasi yang telah ia dapatkan semenjak menjadi pemain dan juga pelatih. Bisa dikatakan namanya sendiri selalu disamakan dengan Pele dan Maradona. Nah, mari kita lihat sama-sama sepak terjang dari Johan Cruyff yang melegenda.

Sepak Terjang Johan Cruyff yang Sudah Terkenal Hingga Seluruh Dunia

Johan Cruyff dies of cancer at the age of 68

Semenjak kecil Johan Cruyff sendiri sudah menyukai sepak bola, di mana semenjak di Belanda ia sudah bergabung di Ajax Amsterdam, di mana debutnya sendiri dimulai dari tim tersebut. Berikut ini adalah catatan prestasi dari Cruyff yang perlu kita ketahui :

  1. Piala Dunia dan Piala Eropa

Seperti yang dilansir dalam Jadwal Bola bahwa Johan Cruyff sebagai salah satu pemain Timnas Belanda semenjak tahun 1966 hingga 1977. Permainan epic yang pernah dilakukan oleh Cruyff adalah ketika Piala Dunia pada tahun 1974, dimana pada waktu itu Belanda harus bertanding melawan Swedia di Stadion Westfalen, Dortmund, Jerman. Cruyff berhasil mengecoh Jan Ollson dengan gerakan yang sangat cantik dan dinamakan “Cruyff turn”, walaupun pada akhirnya ia tidak bisa mencetak gol dan pertandingan berakhir dengan skor imbang namun gerakan ini menjadi salah satu performanya yang paling diingat. Prestasinya bersama Tim Oranye tersebut memang tidak terbilang cemerlang, di mana pada masanya Timnas Belanda hanya berhasil mendapatkan juara kedua di Piala Dunia 1974 dan peringkat ketiga di Piala Eropa 1976.

  1. Barcelona

Tidak bisa dipungkiri bahwa Johan Cruyff sendiri lebih dikenal sepak terjangnya ketika berada di Barcelona baik sebagai pemain ataupun pelatih. Selama menjadi pemain Barcelona sendiri ia berhasil membawa tim tersebut menjadi juara La Liga yang langsung didapatkannya pada tahun pertama bermain bersama Barcelona. Liveskor mengatakan bahwa setelah pensiun Cruyff akhirnya menjadi tim Barcelona pada tahun 1988 hingga tahun 1996. Selama menjadi pelatih Barcelona inilah, Johan Cruyff berhasil membawa tim tersebut mendapatkan banyak sekali gelar yaitu 4 trofi Liga Spanyol, 1 trofi Liga Champion, 1 trofi Piala Winners, 1 trofi Piala Spanyol dan 1 trofi dari Piala Super Eropa.

Itu adalah ringkasan singkat dari Johan Cruyff yang sepak terjangnya sudah menunjukan bahwa ia pantas disebut legenda. Jadwal Bola memastikan bahwa Barcelona pun sangat beruntung mendapatkan Cruyff sebagai pelatih dan juga pemainnya.

event_note December 18, 2019

account_box Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *